Sunday, November 29, 2015


Drama Korea bukan hanya dikenal dengan cerita dramanya yang mengharu-biru, aktor aktrisnya yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik, tapi juga lagu soundtracknya yang membuat penonton semakin menyukai drama tersebut. Masih ingat lagu I Think I Love You yang dinyanyikan Byul untuk drama Full House? Yup, kalau mendengar lagu itu pasti kita akan teringat adegan-adegan pada drama tersebut.

Banyak penyanyi yang ikut sumbang suara dalam setiap drama. Tapi, aku memilih 10 yang menurutku terbaik, karena suaranya yang oke dan lagu-lagunya yang semakin menghidupkan drama itu. Aku yakin, diantara berikut ini pasti ada yang jadi favorit kamu, setidaknya lagunya. Mari kita lihat!

1. Lyn 

You are my destiny... geudaen, You are my destiny... geudaen. Ahh, lagu ini bikin kita   terhanyutkan? Yup, bener banget. Cuplikan lirik ini adalah berasal dari lagu You Are My Destiny yang dinyanyikan Lyn untuk drama My Love From The Star. Lagu ini membawa Lyn meraih 6 penghargaan dari ajang penghargaan yang berbeda, salah satunya Baeksang Arts Awards ke-50 sebagai lagu OST terbaik.


Lyn dilahirkan pada tanggal 9 November 1981 di Seoul, Korea Selatan dengan nama Lee Se Jin. Sampai dengan tahun ini Lyn telah menghasilkan 10 album. Sejak tahun 2004 sampai dengan 2015 Lyn telah menghasilkan 13 lagu OST, yaitu :
1. Stay With Me ( Save The Last Dance For Me)
2. My Farewell Begins (101th Proposal)
3. First Person (Bad Family)
4. Love... After (Winter Story)
5. Do You Know? (I Love You)
6. Yesterday (Triangle telecinema)
7. Two As One ft Gilgu Bonggu's Bonggu (My Girlfriend is A Nine Tailed Fox)
8. Tears, I Just Cry (Home Sweet Home)
9. Don't Know Very Well (Protect The Boss)
10. Rain on Me ( The Sun and The Moon)
11. Back In Time ( The Moon Tha Embraces The Sun)
12. My Destiny (My Love From The Star)
13. One Day (Mask)



2. Baek Ji Young 

Baek Ji Young adalah seorang penyanyi balada yang lahir di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 25 Maret 1976. Baek Ji Young yang cantik ini menikah dengan aktor Jung Suk Won pada tanggal 2 Juni 2013. 

Baek Ji Young telah banyak menghasilkan album baik yang merupakan album studio (8), mini album (2), repackage album, album edisi istimewa, best and live album (5), 2 single dan 19 album digital yang 13 diantaranya merupakan lagu soundtrack drama maupun film layar lebar. 

Inilah lagu soundtrack yang telah dinyanyikan oleh Baek Ji Young :
1. Love Is Not a Crime ( Ja Myung Go)
2. Don't Forget (IRIS)
3. That Woman (Secret Garden)
4. Again, I Love You Today (The Princess' Man)
5. I Can't Drink (The Greatest Love)
6. It Hurts Here (A Thousand Days' Promise)
7. After A Long Time (Rooftop Prince)
8. Love and Love (Arang and Magistrate)
9. Spring Rain (Gu Family Book)
10. I'm Just Crying (Good Doctor)
11. Fervor (The Fatal Encounter)
12. Wind Blows (The Royal Tailor)
13. Because of You (Hyde, Jekill and Me)
14. And... And (Producer)

Ingin lihat salah satu MV dari soundtrack yang dinyanyikan Baek Ji Young? Mungkin yang ini kamu suka... 


3. Taeyeon

Taeyeon anggota dari girlband SNSD, yang nama lengkapnya Kim Tae Yeon, lahir Jeonju, 9 Maret 1989. Kualitas vokal Taeyeon sebagai anggota girlband memang patut mendapat ajungan jempol. Selain aktivitas menyanyi di grupnya, ternyata Taeyeon banyak menyanyikan lagu soundtrack drama. 


Untuk album-albumnya bersama SNSD maupun sub grup dari SNSD yaitu TTS (TaeTiSeo) tidak diragukan lagi penjualannya, album-album tersebut selalu merajai top penjualan. Untuk karir solonya Taeyeon membuktikan album "I" bisa mengalahkan album dari SNSD "Lion Heart".

Bagaimana dengan lagu-lagu soundtrack yang dia nyanyikan? Ternyata lagu-lagu soundtrack Taeyeon juga tak kalah populer. Inilah daftarnya! 

1. If (Hong Gil Dong)
2. Can You Hear Me? (Bethoveen Virus)
3. It's Love (Heading To The Ground)
4. I Love You (Athena : Goddess of  War)
5. Missing You Like Crazy (The King 2 Hearts)
6. Closer (To The Beautiful You)
7. And One (That Winter The Wind Blows)
8. Bye (Mr. Go) , lagu ini dibuat 2 versi yaitu versi Korea dan China.
9. Love That One Word (You Are All Surrounded)

Berikut lagu Closer  ost. To The Beautiful You yang dimainkan oleh Minho Shinee dan Sulli, yang waktu drama ini tayang masih tergabung dalam girlband F(x).



4. Byul

Seperti yang telah ditulis di atas, kalau kamu masih ingat lagu I Think I Love You dari drama Full House, pasti mengingatkan semua adegan-adegan di drama itu yang dimainkan oleh Rain dan Song Hye Kyo. Tak banyak yang tahu penyanyi lagu itu. Tapi, untuk penggemar drama Korea pasti tahu. Ya, Byul yang menyanyikan lagu tersebut. 


Byul atau Kim Go Eun, adalah penyanyi balada yang lahir tanggal 22 Oktober 1983, di Seosan, Chungcheongnam-do. Dia menyelesaikan sekolah di Dongduk Women's University. Byul yang merupakan istri dari Haha, anggota dari acara variety show Running Man ini, telah merilis 5 album dan 2 album digital. 

Inilah lagu-lagu soundtrack yang dinyanyikan Byul :
1. I Think I Love You (Full House)
2. Happiness (Over The Rainbow)
3. Fly Again (9 End 2 Outs)
4. After Discarding The Heart (Cinderella's Sister)
5. Let's Be Happy (Queen of Reversals)
6. Beautiful Girl (The Man Who Still Wants To Marry)
7. Because It's Still You (Wild Romance)
8. Reminds Me of You (I Miss You)
9. Remember (School 2015)
10. Beautiful Days (Twenty Again)

Dari lagu-lagu soundtrack di atas, aku paling suka lagu Fly Again, karena liriknya yang bagus dan memberikan semangat. Tapi, yang satu ini boleh juga dilihat :)







5. Younha 

Go Younha adalah penulis lagu musik rock Korea Selatan, yang lahir di Seoul, 29 April 1988. Younha memulai debutnya sebagai artis di usia muda, 16 tahun. Nama panggilannya "Komet Oricon" berkat kesuksesannya berkarir di Jepang. Di Jepang dia telah merilis 8 single dan 4 album sedangkan di Korea Selatan Younha telah menghasilkan 9 album. Lagu-lagunya banyak dipakai untuk soundtrack anime maupun drama.


Lagu-lagu Younha yang dipakai untuk soundtrack drama Korea yaitu : 
1. Can't Believe It (Personal Taste) 
2. Teardrop (Faith)
3. Greetings From Afar (Queen Of the Office)
4. My Love From The Star (My Love From The Star)
5. Passionate to Me (Pinocchio)
6. Pray (School 2015)
7. Until The Morning Comes Bright (Midnight Dinner)


Sampai saat ini Younha aktif berkolaborasi dengan musisi-musisi Jepang maupun Korea. Lagu soundtrack apalagi yang akan dinyanyikan Younha? Kita tunggu saja. 

Itulah 5 diva Korea Selatan yang lagu-lagunya menghiasi drama-drama yang menjadi kesukaan kita. Masih ada 5 diva lagi yang akan dibahas di bagian kedua.


Selanjutnya : Diva Original Soundtrack Drama Korea Terbaik bag.2


Sumber : wikipedia, youtube.
~dymaldini~

0 comments:

Post a Comment